Mengapa mata merah saat bangun tidur?

Akhir-akhir ini saya sering mengalami mata merah saat bangun tidur. Selain memerah, ada rasa sedikit tidak nyaman seperti ada kontraksi otot di mata. Saya menyadari akhir-akhir ini saya cukup intens bekerja di depan layar komputer. Alhamdulillah, layar yang saya pakai adalah LCD yang 'lebih ramah menyapa' mata. Selain itu, ruangan dipasang penyejuk udara. Namun, penyejuk udara sering disebut sebagai pemicu masalah kelembaban kulit. Apakah yang saya alami merupakan masalah kekeringan pada mata alias mata kering?
Sebagaimana warga internet lainnya. Mencari referensi lewat mesin pencari menjadi alternatif saya mendapatkan jawaban yang efisien, kurang-lebih tepat, dan cepat. Setelah memasukkan keyword 'mata merah saat bangun tidur', dan mendapat hasilnya, saya mengecek beberapa jawaban pada baris-baris atas hasil pencarian. Hmm...ada yang memberikan jawaban bahwa mata merah tersebut merupakan hasil reaksi pelebaran pembuluh darah sebagai kompensasi atas mata yang kurang mendapat suplai oksigen selama tidur. Meski reaksi merah tersebut diiringi dengan rasa capek dan pedih, tidak ada yang perlu dikhawatirkan (harisehat.blogspot.com). Sedangkan dari referensi luar, yang antara lain saya dapatkan dari answerbag.com, dengan kasus yang mirip dengan apa yang saya alami, disebutkan sebagai gejala mata kering (dry eye), dengan sedikit disinggung bahwa masalahnya ialah pada menurunnya produksi (pengeluaran) air mata saat tidur (answerbag.com). Pada jawaban tersebut pula, penjawab menyajikan tautan (link) ke insider-guide-to-reading-glasses.com, untuk mengetahui gejala mata pedih (burning eyes) dan penanganan sederhana pada kasus mata kering. Mata pedih merupakan gejala yang ditemukan pada kasus mata kering.
Silakan menyelusur lebih lanjut. Saya percaya bahasa Inggris Anda :)

No comments: